Selamat Datang di SD Negeri Ketapanrame 1 Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto
Mendidik siswa menjadi insan yang berkualitas optimal, iman dan taqwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berbudaya

Benarkah Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman

Apa hubungannya Nabi Sulaiman dengan candi Borobudur..? Tentulah membutuhkan ke absahan referensi sejarah yang komprehensif agar validitas dan kebenarannya terbukti., ataukah Syailendra hanya menjalankan inovasi lanjutan dari Nabi Sulaiman ??

Minggu, 16 Juni 2013 10:45 Upandi|Red|
Benarkah Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman
Candi Borobudur Indonesia
Jakarta|POL
Ketika disebut Borobudur sebagai peninggalan Nabi Sulaiman tentunya sebagian pembaca banyak  yang mengerutkan dahi, penasaran dan tidak percaya apakah benar Candi Borobudur peninggalan Nabi Sulaiman..?
Banyaknya  referensi dari tokoh agama di daerah sleman , Bpk KH Fahmi Basyri, yg secara gamblang menjelaskan korelasi antara sejarah Candi Borobudur dengan keterangan di dalam Al Qur’anulkariim, yang telah  diterbitkan oleh salah satu media cetak ternama.
Banyak juga yang memahami sejarah Borobudur sebagai peninggalan Wangsa Syailendra sekitar abad ke-9 ,yang di selamatkan kembali pada tahun 1814 oleh gubernur raja inggris yang bernama  Sir Thomas Stamford Rafles , penyelamatan Borobudur yg terlupakan ber abad-abad bahkan hampir hilang dari 7 keajaiban dunia.
Lalu apa hubungannya Nabi Sulaiman dengan candi Borobudur..? tentulah membutuhkan ke absahan referensi sejarah yang komprehensif agar validitas dan kebenarannya terbukti., ataukah Syailendra hanya menjalankan inovasi lanjutan dari Nabi Sulaiman ??
Inilah jawabannya :
Ada beberapa kemiripan bukti bahwa candi Borobudur sebagai peninggalan Nabi Sulaiman,diantaranya terdapat hutan atau saba,buah maja yang pahit, dan bangunan yang tidak terselesaikan oleh para jin, tempat berkumpulnya ratu saba , ratu saba ini identik dengan nama daerah di jawa ( wonosobo).
Menurut  Bpk KH Fahmi Basyri, beliau melihat ada tulisan Relief - Relief yang ada memang terdapat beberapa simbol yang identik dengan Nabi Sulaiman dan ratu Saba, sebagaimana keterangan Al Qur’an yaitu adanya tabut atau kotak yang berisi warisan Nabi Daud kepada Nabi Sulaiman yang terdapat didalamnya kitab zabur taurat, dan samawi saat ini masih dijaga peti itu oleh seseorang.
Berikut Ayat-ayat Al-Qurna yang sangat erat kaitannya adalah :
1. AL QUR’AN SURAT AL BAQARAH AYAT : 248 , Yang menjelaskan tentang   Tabut (peti/kotak).
2. QS SABA AYAT : 14 , Saat jin mengetahui Nabi Sulaiman telah wafat,maka jin menghentikan pekerjaannya, di Borobudur ada beberapa patung yang belum tuntas dideselesaikan, patung itu disebut    ( UNFINISHED SOLOMON).
3. QS SABA AYAT 13, Kisah Nabi Sulaiman ,para jin diperintahkan pula membangun gedung-gedung yang tinggi dan membuat patung patung,di Borobudur  banyak patung dan gedung tinggi itu adalah Candi Prambanan.
4. QS AN NAML AYAT  : 14 – 15, SURAT SABA AYAT 12 – 16, QS AL ANBIYA AYAT 78 – 81.Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Saba (Wonosobo).
5. SULAIMAN , Sulaiman menunjukan nama yang identik dengan nama orang jawa, dan Nabi Sulaiman adalah 25 nabi yang berawalan “SU”,SO”..Sulaiman, solomon.
6.QS AN NAML  AYAT 28, Sulaiman berkirim surat kepada ratu saba melalui burung uhud ( QS. An naml ayat 28 ) yang ditulis di atas pelat emas sebagai bentuk kekayaan Sulaiman.dan surat itu ditemukan di candi boko.
7. QS SABA AYAT :16 , Istana ratu boko adalah istana  ratu Sabba yang dipindahkan  atas perintah  nabi Sulaiman.
8. QS SABA AYAT : 12,QS AN NAML AYAT 32,Kisah istana yang hilang.
9. KABUPATEN SLEMAN, Kecamatan Sleman ,Desa Salam, identik  dengan nama Nabi Sulaiman As.
Seperti kita ketahui bahwa nabi sulaiman adalah nabi yang paling terkaya di dunia,kekuasaanya sampai kepelosok bumi, dari matahari terbit hingga matahari tenggelam itulah kekayaannya.
Walahualam bisawwab.

0 Response to "Benarkah Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman"

Posting Komentar