Selamat Datang di SD Negeri Ketapanrame 1 Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto
Mendidik siswa menjadi insan yang berkualitas optimal, iman dan taqwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berbudaya

LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN/ENTRY DATA DI APLIKASI DAPODIKDAS 2013

LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN/ENTRY DATA
DI APLIKASI DAPODIKDAS 2013

TAMPILAN DEPAN APLIKASI DAPODIKDAS

Bagi yg punya masalah seperti gambar di bawah ini:
1. klik tab PTK
2. pilih PTK yg jabatannya kepala sekolah
3. klik ubah
4. di tab rincian PTK tersebut klik tab tugas tambahan
5. Hapus tugas tambahan kepsek yg sdh tidak aktif disekolah atau klik tambah dan pilih kepala sekolah jamnya 18 jam
6. TST = Tanggal Selesai Tugas



Manual Book Langkah-Langkah Pengisian/Data Entry Pada Applikasi Dapodikdas 2013

TAB. SEKOLAH
(Tahapan pertama)

Bagi sekolah yg sudah berhasil login ke App Dapodikdas 2013 Silahkan cek identitas sekolah dulu !!
JIKA SUDAH YAKIN BENAR baru lakukan langkah selanjutnya:
1. isi Lokasi sekolah (alamat) ada tambahan garis lintang dan bujur isi dalam bentuk desimal bukan derajat.
2. cek dan isi data pelengkapnya harus teliti dikhawatirkan ada yg salah (dalam pengisian luas tanah jika ribuan jng pake titik contoh 2500 jng 2.500)
3. Isi kontak sekolah (email wajib) jika belum punya web kosongkan saja jangan diisi apapun baik - atau 0
4. jika sdah selesai klik Save yg ada di sebelah kanan.

Dilanjutkan dengan mengisi Data Rinci Sekolah:

1. Data periodik sekolah harus terisi kecuali pilihan daerah khusus (ingat jika sekolah yg masuh daerah khusus harus dipastikan ada SK dari bupati)
2. Tab sanitasi cukup jelas
3. Tab Blockgrant cukup jelas (data bantuan utk sekolah anda) boleh diisi dari tahun 2012 dan yg terbaru
4. Jika sdah selesai jng lupa tekan tombol SAVE

NB: JIKA DI IDENTITAS SEKOLAH YG MUNCUL BUKAN SEKOLAH ANDA..
JNG DILANJUTKAN HUBUNGI KK DATADIK/TIM PENDATAAN DI
WILAYAH ANDA



TAB PESERTA DIDIK
(Tahapan PERTAMA dalam pengisian tab peserta didik)

1. Memilih dan mengecek serta melengkapi data peserta didik yg sdah berstatus terdaftar (semuanya baik yg sdah keluar/mutasi/lulus)
2. klik menu UBAH dan isi kolom2 yg sudah disediakan dan No. SKHUN untuk SMP diisi dengan No Pesrta UN SD > yang 20 digit (semua karakter diambil)
3. setiap mengisi jng lupa klik tombol SAVE dan jng ada kolom yg bergaris merah jika tdk ada misalkan email siswa kosongkan saja jgn diis angka atau huruf apapun termasuk tahun lahir ayah, ibu dan wali.
4. Lakukan satu persatu.. (harus sabar)
5. Ingat data periondik jng terlewat.
6. Lihat gambar di bawah ini!!!
NB: Tahapan kedua di tab peserta didik coming soon (TAHAPAN yg PERTAMA INI MAU TIDAK MAU HARUS DILAKUKAN jika tdak nanti datanya invalid alias merah pas waktu validasi)



Kenapa Data Periodik harus diisi: karena itu data utk melihat perbedaaan antara tahun pelajaran yg lalu dng tahun pelajaran yg skrang... jadi nanti akan terlihat grafik perbedaanya di database.

(Tahapan KEDUA dalam pengisian tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sudah menyelesaikan tahap pertama (di Tab Peserta Didik) rekan2 boleh melakukan tahap ini, langkah2nya :
1. Pilih peserta didik yg sdah lulus (biasanya ada di page akhir tpi bisa saja tercampur dng peserta didik yg belum lulus)
2. jika sdah dipilih, klik registasi dan isi kolom isian registasi keterangan keluarnya yaitu "lulus" tgl keluarnya yaitu tgl kelulusan tahun pelajaran kemarin (2012/2013)
3. jika sdah klik save and close.. dan lakukan di peserta didik yg lulus selanjutnya (satu persatu)
4. pilih peserta didik yg sdah mutasi/keluar (bukan lulus)
5. langkah2nya sama dng di atas
6. pilih keterangan keluar karena apa sesuaikan dan tanggalnya pun sesuaikan. dan jangan lupa alasannya di isi. lanjutkan dng klik SAVE and CLOSE

NB: 1. Jika peserta didik yg diregistasi keluar secara otomatis peserta didik tsb hilang dari tab peserta didik dan akan masuk ke tab peserta didik keluar... jika tdk otomatis anda klik saja tombol refresh yg ada
di bawah semoga dapat difahami.
   

(Tahapan KETIGA dalam pengisian Tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sudah melakukan tahap kedua (di Tab Peserta Didik) lakukan hal2 berikut:
1. cari dan pilih peserta didik yg statusnya masih merah (!) alias belum terdaftar baru terimput.
2. jika sdah ketemu lakukan registasi dng keteragan siswa tersebut diterima pada tahun pelajaran yg kemarin apakah siswa baru atau siswa pindahan
3. lakukan tahapan pertama (melengkapi data termasuk periodik)
4. jika peserta didik tsb. sdah keluar lakukan tahap Kedua
5. jika peserta didik tsb masih sekolah di sekolah anda tdk perlu melakukan tahap kedua..
Semoga dapat difahami..

NB: Tahapan di peserta didik masih ada.. jadi jangan dulu ke tab yg lain.


(Tahapan KEEMPAT dalam pengisian tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sdah melakukan tahap ketiga (di tab peserta didik) dilanjutkan dng tahapan ini : (INPUT PESERTA DIDIK BARU DIKELAS AWAL) SD

1. Klik menu tambah siswa kelas 1 sd (jika sd)
2. lakukan pengisian data sesuai isian2 yg sdah disediakan
3. jika sdah selesai klik tombol save (bukan tombol save di menu datarinci)
4. klik peserta didik yg baru tsb dan lakukan tahapan ketiga, bedanya diketerangan jenis pendataran di isi dng siswa baru dan tanggal daftarnya tgl tahun pelajran skrang (2013/2014)
5. jika sdah selesai lakukan tahapan pertama (melengkapi data periodik)
6. selesai tuk tahapan keempat.

NB: tahapan pertama sampai tahapan ke empat ini bisa dilakukan secara Offline



(Tahapan KELIMA/terakhir dalam pengisian di tab PESERTA DIDIK)

Jika rekan2 sdah melakukan tahapan keempat (di Tab Peserta Didik) langkah selanjutnya adalah
"PENGISIAN SISWA BARU "
langkah2nya sebagai berikut:
1. klik menu tambah (di tab peserta didik) dan akan muncul kolom baru "Tambah Peserta Didik"
2. klik menu tambah di kolom tsb dan silahkan masukan data peserta didik barunya. jika mau nambah lgi tinggal klik menu tambah kembali,  jika sdah selesai  tutup kolom "tambah peserta didik baru"
3. Perhatikan menu pindahkan ke tabel utama (proses pemindahan ini harus online dan dilakukan setelah sinkronisasi data ke diserver pusat)
4. jika sdah selesai dan berhasil dipindahkan ke halaman utama, tutup kolom "tambah peserta didik baru" pilih peserta didik tsb (di halaman peserta didik) dan lakukan tahapan pertama (pengecekan kelengakapan data dan pengisian data periodik)
5. selesai deh utk pengisian di Tab Peserta didik


NB: UTK TINGKAT SMP bisa menggunakan tahapan ini tanpa melakukan tahapan keempat..



TAMBAHAN PENTING PESERTA DIDIK YG TERLANJUR KELUAR

Bagaimana mengembalikan PESERTA DIDIK YANG TERLANJUR DIKELUARKAN dan INGIN DIKEMBALIKAN KE TAB PESERTA DIDIK, maka ini caranya:
(lihat gambar)

DAN LANGKAH INI JUGA BERLAKU UTK PTK YG MAU DIKEMBALIKAN.
TAPI BAGI PTK ATAU PESERTA DIDIK YANG TERLANJUR DIHAPUS..
TIDAK ADA CARA LAIN JIKA INGIN MENGEMBALIKANNYA KECUALI INSTALL ULANG APLIKASINYA.

TAMBAHAN

Jawaban tentang tgl dan dan satus terdaftar peserta didik tidak perlu dirubah, karena itu sebagai dokumen registasi bahwa peserta didik tsb masuk ke sekolah anda sebagai apa dan tgl berapa masuknya.. atau
bisa diartikan istilahnya buku induk...kecuali ada kesalahan boleh di edit dng cara klik registasi..



CATATAN PENTING : PENGISIAN HARUS BERTAHAP MULAI DARI AWAL HINGGA AKHIR. JANGAN LANGSUNG TAHAP PERTAMA LANGSUNG KE TAHAP EMPAT ( HARUS BERURUTAN MULAI DR AWAL HINGGA AKHIR) BILA TIDAK DILAKSANAKAN MAKA NANTINYA WAKTU AKAN DI SINKRONISASI DATA TIDAK AKAN VALID.


TAB PTK (PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN)

TAHAPAN PERTAMA PENGISIAN DI TAB PTK (dapodikdas 2013)

"MELENGKAPI DAN UPDATE DATA PTK)
Tahapan pertama pengisian di tab PTK adalah sebagai berikut :
1. Plih PTK dan klik menu UBAH
2. Isi dan isian2 yg sdah disediakan di DATA PTK
3. Jika sudah selesai klik SAVE
4. dilanjutkan mengisi data rincian ptk cek dan isi tab2 yg ada dirincian tsb (sesuaikan)
5. Setiap selesai 1 tab jgn lupa klik tombol SIMPAN
6. Lanjutkan dgn PTK yg selanjutnya

NB: MELENGKAPI DATA PTK INI HARUS SEMUANYA BAIK YG SDAH MUTASI ATAUPUN PENSIUN (APALAGI YG PNS Harus lengkap riwayat kepangkatan dan KGB-nya)
Data rinci yg sdah mutasi bagi pns dilengkapi utamanya RIWAYAT KEPANGKATAN dan KGB.
 Data rinci bagi NON PNS yg sudah mutasi/keluar tidak perlu diisi (tapi data PTK-nya harus di isi)
Semoga dapat difahami (pengisian di tab2 data rinci sepertinya sudah jelas jika perlu penjelasaan juga wait and see saja)

NB: Pengisian SK Pengangkatan didasarkan pada Status terakhir PTK tsb, jika PNS maka SK PNS, jika GTT/GTY/Honorer maka SK GTT/GTY/Honorer



Tahapan kedua (2.A) di PTK

"MENUGASKAN PTK YG MASIH AKTIF"
Jika rekan2 sdah melakukan tahap 1 (di tab PTK) bisa dilanjutkan dng tahapan 2.A. langkah2nya sebagai berikut:
1. Pilih PTK yg masih aktif sampai saat ini dan klik menu penugasan
2. Muncul kolom penugasan dan isi isian2 tsb (sesuaikan) - nomor surat tugas diisi dengan surat mulai bertugas disekolah sekarang
- tgl surat sesuaikan dgn SK Penugasan di sekolah tersebut
- tmt sesuaikan dgn di SK Penugasan
- ceklis sampai bulan skrang
- pilih induk atau bukan induknya
3. jika sdah selesai klik save and close
4. jika pengisiannya sdah benar.. akan berhasil tersimpan dan secara otomatis status ptk tsb tdk merah lgi/tdak ada tanda seru lgi dan akan terlihat tgl surat tugasnya.
Perhatikan gambar!!



NB: Contoh kasus > jika seorang ptk pertamanya honorer disekolah A, beberapa tahun kemudian jadi PNS dan penempatannya tetap disekolah A maka SK yg diisikan adalah SK honorer, jika pertama bertugas disekolah induk sebagai cpns maka SK CPNS, jika dia mutasi maka SK MUtasi.

Tahapan kedua (2.B) di TAB PTK

"PENUGASAN PTK YG MASIH AKTIF DI TAHU PELAJARAN SKARANG TPI BARU2 INI SDAH MUTASI ATAU TDK AKTIF LGI"

1. Langkah2nya sama sperti tahap 2.A (di tab PTK)
2. Yang membedakan :
- Menceklis bulan keaktifannya
- Pengisian keterangan keluar
Perhatikan gambar... semoga bisa difahami


Tahapan kedua (2.C) di tab PTK

"PENUGASAN PTK YG SDAH KELUAR SEBELUM TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

1. Langkah2nya sama seperti tahap 2.A
2. Isi nomor surat sesuaikan waktu dia masih tugas (tahun sebelumnya)
3. Keaktifkan jng ada yg diceklis
4. Isi keteragan keluarnya..



TAHAPAN KETIGA (di Tab PTK)

SEANDAINYA/misalkan ada PTK nangkring di data sekolah anda..padahal PTK tersebut tdk pernah anda input atau tdak pernah ada disekolah anda alias PTK siluman tetapi ada di daftar ptk yg skarang langkahnya sebagai berikut:

1. Pilih PTK tersebut
2. klik menu HAPUS
3. jng lupa jika sudah selesai klik menu SIMPAN

TAHAPAN KEEMPAT (DI TAB PTK) "INI MASIH SEMENTARA DULU YA"

"Menambahkan PTK Baru" langkah2nya:

1. klik menu tambah dan akan muncul kolom penampung sementara PTK baru
2. klik tambah di kolom tsb dan lakukan pengisian datanya (harus lengkap kecuali kolom NUPTK jika belum ada diabaikan saja)
3. jika sdah selesai jng lupa klik simpan
4. jika mau nambah lgi lakukan langkah2 seperti di atas.
5. Perhatikan menu pindahkan ke tabel utama (hal ini bisa dilakukan jika sudah Sinkronisasi ke server pusat)
6. jika sdah berhasil dipindahkan ke tabel utama lakukan langkah kesatu dan kedua (di tab PTK)



TAB SAPRAS

TAHAPAN PERTAMA DI TAB SARPAS.

lihat saja digambar dan tafsirkan saja sendiri oleh rekan2. udeh pda pinter ini...!!!



Bukti sudah mengisi dan terSAVE tentang kondisi prasana bakal terlihat di beranda setelah di REFRESH (F5)

TAHAPAN KEDUA DI TAB SARPAS..

Lihat saja digambar dan tafsirkan saja sendiri oleh rekan2. udeh pda pinter ini...!!!


Tambahan :

TAB ROMBEL

TAHAPAN PERTAMA DI TAB ROMBEL

LIHAT SAJA GAMBAR (NB: ingat ada kta 'Pilih' dan 'ketik) tafsirkan sendiri udeh pada pinter ini!!!



TAHAP KEDUA DI TAB ROMBEL
"ISI PENGHUNI ROMBEL"
Tafsirkan Gambar sperti dibawah ini :


Tahap 3.A di Tab Rombongan Belajar
Tafsirkan sendri gambar di bawah ini:


Tambahan :
Bila ingin memasukkan pelajaran yg tdk ada di Matpel Wajib. Contoh B.Inggris.
Caranya : Klik Tambah lalu pilih “Mapel Tambahan” . Sperti gambar dibawah ini :


MENGENAI PENGISIAN JJM/MINGGU SAMA PENGISIANNYA DENGAN DI APLIKASI TAHUN KEMARIN (UNTUK KTSP).  UNTUK KURIKULUM 2013 BISA DILIHAT JUMLAH/ROMBELNYA DI STRUKTUR PEMBAGIAN JJM KUR.2013.


TAMBAHAN DAN PERLU DIPERHATIKAN



Demikian langkah-langkah entri data Dapodikdas 2013. Semoga bisa membantu

Bagi pembaca yang suka, tidak suka, yang mau kasih saran kritik silahkan kasih komentar.
facebook : Syahar Has Aricha

Sabtu, 19 Oktober 2013

Tips Amankan Data Dapodikdas 20Tips Amankan Data Dapodikdas 2013 dan Edit Aplikasi Dapodikdas 2013 Di Komputer Berbeda

Tips Amankan Data Dapodikdas 2013 jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang sebelum Sinkronisasi dan
Edit Aplikasi Dapodikdas 2013 Di Komputer Berbeda
Tema blog kali ini muncul setelah banyaknya yang bertanya Bagaimana cara mengamankan data yang sudah dimput/diperbaiki pada Aplikasi Dapodikdas 2013, jika sewaktu-waktu Laptop diinstall ulang sebelum Data di Sinkronisasi? Bisakah pekerjaan aplikasi dapodikdas 2013 di kantor di lanjutkan di komputer rumah? Atau laptop lain?
Dan hampir semua sahabat facebook menjawab “TIDAK ADA CARA, “TIDAK BISA, Harus di satu komputer. Ada cara dan Bisa di komputer lain tapi setelah sinkronisasi online ke operator dapodikdas pusat”…..
Kalau pertanyaannya Ada cara? bisakah? Penulis jawab Ada dan bisa, caranya :
1.      Registrasi sempurna pada Satu Komputer/Laptop
2.      Login ke Aplikasi Dapodikdas 2013
3.      Sudah Perbaiki data yang Invalid  dan sudah Imput Data Baru, Simpan perubahan. Lalu Logout (keluar dari aplikasi dapodik). Tutup browser google chrome atau Mozilla firefox.
4.      Copy folder DAPODIKDAS yang ada di folder C:\Program Files atau Folder Database dan Folder dataweb yang ada di folder C:\Program Files > Dapodikdas
5.      Buka Flashdisk atau hardis partisi lainnya contoh : D:\
6.      Klik Paste di flasdisk atau folder pada partisi lainnya. Kini copy-an folder  DAPODIKDAS atau Folder Database dan Folder dataweb sudah ada di flashdisk anda, > sekarang data sudah aman jika sewaktu-waktu laptop diinstall ulang sebelum Sinkronisasi.
Pertanyaannya Sekarang, Bagaimana cara memindahkan hasil Copy an tadi Kelaptop yang baru diInstall ulang atau Laptop/Komputer lain tempat akan mengerjakan data Dapodikdas 2013. Caranya adalah baca lanjutan pembahasan berikut:
7.      Aktifkan komputer/ laptop lain.
8.      Instal Aplikasi dapodikdas 2013 di laptop yg baru diisntall atau di komputer/ laptop lain, setelah sukses penginstalan. Registrasi PERSIS seperti Registrasi semula.
9.      Setelah registrasi sukses, login PERSIS seperti Login semula. Lalu Logout. Tutup aplikasi browser google chrome atau Mozilla Firefox
10.  Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service

11.      Klik DapodikdasDB, klik tombol STOP
12.      Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol STOP. Lalu tutup jendela service.
13.      Buka flashdisk yang sudah ada kopian folder dapodikdas atau Folder Database dan Folder dataweb  dari komputer Sebelumnya, Klik kanan pilih Copy
14.   (Di kompter baru) Buka C:\Program files. Klik Paste. Ada pertanyaan Replace (timpa), klik Yes to All, jika tidak muncul pertanyaan Replace (timpa), dan tidak ada peringatan Yes to all, dan tampilan seperti gambar berikut:

Maka Klik Yes, jika muncul lagi seperti gambar berikut:

 Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Copy dan raplace. Dan jika muncul lagi gambar seperti berikut:

Maka Langkah 1 adalah Centang kotak kecil yang ada pada sudut kiri bawah, kemudian langkah 2 adalah klik Yes.

Setelah proses paste pada point 14 diatas selesai maka langkag selanjutnya adalah

15. Di start menu, ketik services.msc, lalu tekan Enter. Maka tampil jendela service
16. Klik DapodikdasDB, klik tombol START
17. Klik DapodikdasWebSrv, klik tombol START. Lalu tutup jendela service.
18. Restart computer. Coba login. Bagaimana hasilnya??? Selamat bekerja !!!
Anda bisa lakukan berulang-ulang copy paste folder dapodikdas dari laptop anda ke komputer lain atau sebaliknya, dengan langkah-langkah point 1 s.d 18.

Tips di atas berlaku :

1.      Bagi sekolah yang siswanya sedikit, bisa ditangani Admin dapodik satu orang.
2.      Bagi Admin dapodikdas 2013, yang di kantor ingin kerja di komputer kantor, sambil begadang / lembur ingin kerja di rumah menggunakan laptop pribadi.
Kalau memang operatornya cuma satu orang dan diizinkan Kepala Sekolah diinstal dan diedit di laptop pribadi operator, LEBIH BAIK CUKUP DIINSTAL dan DIEDIT DI SATU LAPTOP OPERATOR TERSEBUT.  Selain Admin atau tanpa izin Kepala sekolah jangan coba-coba ya !
3.      Saat sinkronisasi ke server dapodikdas pusat, pastikan data semuanya sudah valid
Tips ini bermanfaat untuk membackup data dapodik 2013, jangan sampai ada yang berpendapat bahkan PUTUS ASA data hilang karena hardis diformat dan beribu alasan. ANDA TIDAK PERLU NGETIK LAGI DARI NOL ! Setiap selesai bekerja lebih baik Copy-kan folder DAPODIKDAS di folder C:\Program files ke flashdisk atau partisi lainnya.
HATI-HATI VIRUS
File atau folder backup-an tadi bisa saja terkena virus. Inilah tips penulis dalam mengatasi virus :
1.      Pastikan anti virus di komputer sekolah dan laptop sama dan selalu diupdate. Penulis menggunakan Smadav 9.3 dan AVG 2013.
2.      Compress (padatkan) setiap aplikasi dalam bentuk zip. Untuk sementara virus tidak bisa menginfeksi file zip.
Sebagai contoh folder dapodikdas yang telah di-copy-kan di hardis partisi D, oleh penulis di klik kanan, pilihAdd to Dapodikdas zip. File Dapodik.zip (hasil kompres) inilah yang dicopykan ke flashdisk. 

3.      Untuk mengekstrak file dapodik zip, klik kanan dapodik zip, pilih Extract file… pilih drive C, folder Program files, lalu klik OK.
Untuk sekolah besar yang siswa, PTK atau data yang dimasukan super besar, buanyaak, bisa dilakukan dalam jaringan oleh beberapa orang, anda bisa set komputer seperti gambar dibawah ini
Sumber Gambar Jaringan: fb Sujarwadi Jadi.
Demikianlah Tips dari saya. Mudah-mudahan tips ini juga bermanfaat bagi seluruh pembaca.

Bagi pembaca yang suka, tidak suka, yang mau kasih saran kritik silahkan kasih komentar.

0 Response to "LANGKAH-LANGKAH PENGERJAAN/ENTRY DATA DI APLIKASI DAPODIKDAS 2013"

Posting Komentar