Selamat Datang di SD Negeri Ketapanrame 1 Kecamatan Trawas Kabupaten Mojokerto
Mendidik siswa menjadi insan yang berkualitas optimal, iman dan taqwa, berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berbudaya

CARA AKTIVASI LOGIN PTK AGAR STATUS NUPTK MENJADI PERMANEN AKTIF



Melalui dari tahapan Aktivasi Akun Sekolah sampai Login Sekolah selesai ,peran Operator Sekolah begitu penting karena untuk ke tahap Aktivasi Akun PTK Operator sekolah terus berusaha melengkapi data dari isian Formulir A01 yg diserahkan PTK sehingga dapat mencetakkan SURAT TANDA BUKTI VERVAL NUPTK LV.1,dalam surat tanda bukti inilah memuat User ID dan KODE AKTIVASI yg bisa di lakukan oleh PTK secara mandiri atau dibantu operator
1.Melengkapi Formulir isian EDS PTK secara online
2.Melengkapi Data Rinci NUPTK secara online
3.Mencetak Lembar Pengajuan VerVal NUPTK Level 2
4.Menerima Cetak Tanda Bukti VerVal NUPTK Level 2 (Final) dari Admin Sekolah dan nantinya disetujui Admin Dinas
Caranya seperti di bawah ini :

CARA AKTIVASI AKUN PTK

Contoh SURAT TANDA BUKTI VERVAL NUPTK LV.1 yg di Cetak oleh Operator Sekolah yang memuat :
User ID dan KODE AKTIVASI PTK untuk Aktivasi Akun PTK

  
KLIK ini ---->  Aktivasi Akun PTK
1. Isi User ID dan KODE AKTIVASI PTK,kemudian KLIK LANJUT

2. Isi Passwod dan Email PTK pribadi untuk bisa Online Secara mandiri, kemudian KLIK LANJUT
    Ingat!! Passwod inilah untuk masuk LOGIN PTK

3.Tampil data PTK Pribadi , benar salahnya bisa anda perbaiki kembali,sebelum kemudian
KLIK SIMPAN

Ke Tahap Login PTK

CARA LOGIN PTK
KLIK ini ---->
Login PTK
1. Untuk LOGIN di sini bisa Memakai  Nomor NUPTK PTK atau EMAIL
2. Bisa anda KLIK satu persatu dari 3 tahapan yang di selesaikan seperti gambar di bawah
1. TAHAP MENGISI DATA ANGKET EDS
Tahapan ini PTK( Guru ) harus menjawab 56 Nomor Soal EDS dari 8 Standar Pendidikan nasional dan     Jabatan sebagai KEPALA SEKOLAH harus Menjawab 42 Nomor Soal ESD
Contoh Tahap isian untuk KEPSEK dan GURU



 Contoh Tahap isian untuk STAF TATA USAHA tidak ada Angket EDS
Contoh Soal EDS untuk jabatan sebagai KEPALA SEKOLAH
INGAT!! Untuk menjawab Soal ini harus Kepala Sekolah dan di dampingi OPERATOR SEKOLAH

Contoh Soal EDS untuk PTK ( Guru )
INGAT!! Untuk menjawab Soal ini harus GURU dan di dampingi OPERATOR SEKOLAH


  2. TAHAP MENGISI DATA RINCI ANDA

Dalam Tahapan Mengisi Data Rinci ini persis seperti DATA di DAPODIK
Banyak data/Dokumen yg perlu dipersiapkan PTK:
1.Kartu Keluarga
2.SK Mutasi,SK Penugasan /Awal bekerja di Sekolah induk (sebagai pegawai)
3.SK PNS(sebagai PNS)
4.SK PTT/GURU BANTU bila di akui masa kerjanya atau SK CPNS ( Sebagai Pendidik/Guru )
5.Slip/Daftar Gaji Pokok terakhir
6.Sertifikat Pendidik
7.Riwayat mengajar disekolah Induk dan Non Induk(Juni 2012 s/d Januari 2013)sesuai petunjuk
8.Ijasah SD
9.Ijasah Terakhir ( bisa SMA, D2 atau S1 )
10.Sedang bersekolah/kuliah( bisa D2 atau S1 )
Contoh Data Rinci untuk di isi PTK

Isian ini cuma bisa di isi apabila anak anda sudah/masih bersekolah


Cara isi riwayat mengajar di SD ( Wali Kelas 24 jam )
Misal Untuk Wali kelas 6 KLIK tingkat kelas 6 Semester 1 tahun 2012 jumlah Jam 24 per minggu KLIK TAMBAH isi lagi tingkat kelas 6 Semester 2 tahun 2013 jumlah jam 24 per minggu,Kemudian KLIK SIMPAN LANJUT
Riwayat mengajar disekolah INDUK


Riwayat mengajar disekolah NON INDUK(kalau anda mengajar di sekolah lain isi juga ini)


Cara isi Riwayat mengajar di SMP (Bahasa Inggris KTSP 4 jam)
Misal kls 7 ada 7a,7b,7c,7d  PTK mengajar ada di kls 7a,7c,          dari 2  rombel jumlah   8 jam
Misal kls 8 ada 8a,8b,8c,8d  PTK tdk ada mengajar                                  rombel jumlah   0 jam
Misal kls 9 ada 9a,9b,9c,9d  PTK mengajar ada di kls 9a,9b,9c,9d dari 4  rombel jumlah 16 jam
Dari jumlah itu PTK mengajar 24 jam per minggu
SEMESTER 1
KLIK tingkat kelas 7 Semester 1 tahun 2012 jumlah   8 jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 8 Semester 1 tahun 2012 jumlah      jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 9 Semester 1 tahun 2012 jumlah 16 jam/minggu KLIK TAMBAH
SEMESTER 2
KLIK tingkat kelas 7 Semester 2 tahun 2013 jumlah   8 jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 8 Semester 2 tahun 2013 jumlah      jam/minggu KLIK TAMBAH
KLIK tingkat kelas 9 Semester 2 tahun 2013 jumlah 16 jam/minggu KLIK TAMBAH
Kemudian KLIK SIMPAN LANJUT, Lihat hasilnya gambar di bawah


3. TAHAP VERIFIKASI DATA ANDA 
Cek ulang kembali apakah data tersebut sudah benar, baru anda mencentang kotak sebelah kiri yang artinya anda sudah setuju.Kemudian Klik tanda Setuju & Cetak Ajuan.
Setelah anda Klik tanda tersebut maka akan keluar SO3a (SURAT PENGAJUAN VERVAL Lv.2 – NUPTK) dalam format PDF. Apabila anda tidak terhubung ke mesin cetak (printer) maka simpan formulir tsb dan sewaktu-waktu dapat anda cetak. Setelah anda cetak SO3a maka segra tanda tangani dan serahkan kepada Operator / Admin sekolah dan sertakan pula berkas yang diminta dalam SO3a tersebut, contohnya yg tertulis dibawah ini, agar di cek ulang kebenarannya data tersebut oleh admin. Dan anda tinggal menunggu Surat Pakta Integritas PTK nya.
Bersama surat ini saya lampirkan:
1 Copy Ijazah (selain SD dan ijazah terakhir)
1 Copy SK CPNS/PNS
1 Copy SK Golongan Terakhir
1 Copy SK Penempatan Tugas
1 Copy SK Penugasan Mengajar dalam 5 tahun terakhir
1 Copy Sertifikat Profesi Pendidik
Dibawah ini contoh Surat SO3a.

Bagi OPR/Admin sekolah yang sudah menerima Surat Pengajuan Verval Lv.2 PTK serta meneliti berkas yang diajukan PTK, Segera login sekolah dan buka Verifikasi & Validasi. Kemudian Klik Entri Pemeriksaan Berkas PTK tsb. Gambar dibawah ini.


Setelah OPR/Admin menekan tombol Entri Pemeriksaan Berkas maka terbuka Verifikasi Level 2 Pendidik & Tenaga Kependidikan ( Pilih PTK ), seperti gambar dibawah ini. Dan PTK yang keluar adalah PTK yang sudah keluar SO3a.
Kemudian Klik PTK tersebut maka terbuka Biodata PTK, dan cek ulang kembali. Setelah biodatanya sudah benar anda (OPR) tekan tombol lanjut (bawah sebelah kanan)


Setelah anda tekan tombol lanjut, maka keluar data rinci PTK, seperti gambar di bawah ini

Setelah Data Rinci PTK sudah benar maka tekan tombol lanjut, yang terbuka adalah Kelengkapan Berkas seperti gambar di bawah ini.


Bagi rekan OPR / Admin sekolah segera centang kotak kelengkapan berkas jika berkas tersebut benar-benar ada, dan jangan dicentang bila berkas masih kurang lengkap (kembalikan pada PTK untuk melengkapi). Apabila berkas sudah terpenuhi maka klik tombol simpan, kemudian muncul Cetak Tanda Bukti dan tekan tombol Cetak, seperti gambar dibawah ini.


Contoh Surat Fakta Integritas yang diberikan ke Operator Dinas


Surat SO4a ditanda tangani oleh OPR/Admin sekolah dan Surat SO7a ditanda tangani oleh PTK yang bersangkutan dengan materai Rp.. 6.000,- serta ditanda tangani oleh kepala sekolah. Dengan keluarnya surat SO4a dan SO7a maka PTK tersebut sudah mendapatkan bintang 3. Untuk memperoleh bintang 4, maka surat SO7a dan SO4a harus di bawa ke OPR / Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota dan jangan lupa membawa KTP (PTK yang bersangkutan) untuk mendapatkan Validasi. Setelah divalidasi oleh OPR/Admin Dindik Kab/Kota, maka NUPTK sudah aktif dan bintangnya menjadi 4.

BAGI KEPALA SEKOLAH TIDAK BISA MENDAPATKAN SURAT SO3a JIKA SELURUH  PTK DI LEMBAGA YANG DIPIMPINNYA BELUM MEMPEROLEH BINTANG 4

Perlu di ingat juga setelah anda LOGIN baik itu LOGIN SEKOLAH atau LOGIN PTK
KLIK Keluar ini untuk memudahkan untuk LOGIN kembali



Cara "RESET PASSWOD" bagi PTK yang lupas passwod dan gagal LOGIN 
KLIK DI SINI

Demikianlah cara mengaktifkan akun login PTK,semoga kita semua bisa mengaktifkan STATUS PERMANEN AKTIF  NUPTK dengan mudah.Terimakasih, mohon maaf jika ada kesalahan

0 Response to "CARA AKTIVASI LOGIN PTK AGAR STATUS NUPTK MENJADI PERMANEN AKTIF "

Posting Komentar